Kamis, 26 Maret 2015

Review Tempat Liburan: Desa Pegunungan Batur di Pulau Bali



Desa Pegunungan Batur di Pulau Bali adalah suatu desa pegunungan yang terdapat di Penelokan Utara, kecamatan Kintamani, hingga th. 1926 adalah desa makmur yang ada di kaki Gunung Batur. Bila Anda memasukkan Batur ke daftar destinasi Anda di Bali, pasti Anda akan tidak kecewa. Batur mempunyai potensi wisata serta panoramanya yang sangatlah menarik, seperti Gunung Batur serta Danau Batur. Belum lagi udaranya yang sejuk pada siang hari serta dingin saat malam hari jadikan tempat ini banyak dikunjungi oleh beberapa wisatawan.

Bila Anda berdiri di penelokan (dalam bhs Bali yang bermakna tempat untuk melihat-lihat) terdapat di lokasi Desa Kedisan, Kintamani, adalah tempat yang paling strategis untuk nikmati panorama alam di lokasi wisata ini. Mata Anda bakal takjub lihat panorama dibawah yang sangatlah mengagumkan gabungan pada Gunung Batur beserta hamparan bebatuan hitam dengan Danau Batur yang berupa bln. sabit berwarna biru di dalam kaldera yang oleh banyak wisatawan disebutkan juga sebagai kaldera terindah didunia.

Akomodasi di Desa Pegunungan Batur di Pulau Bali

Di object wisata lokasi Desa Pegunungan Batur di Pulau Bali ada tempat parkir, rumah makan, restoran, penginapan, toilet, wartel, dan warung-warung minuman serta makanan kecil. Sarana angkutan umum serta angkutan penyeberangan juga ada. Di bawah ini sebagian hotel yang dapat Anda sambangi.

Surya Hotel and Resturant
Jl. Kedisan Lake Batur, Kintamani Bali, Indonesia
Telp/Fax : 62 366 51378 E-mail : info@suryahotel. com

Puri Bening Hayato
Toyabungkah - Kintamani, Bali - Indonesia
E-mail : puribening@indo. com

Astra Dana Hotel
Kedisan Kedisan Kintamani 80652 Bangli
Tlp : 0366-52091

Baruna Pondok Wisata
Buahan Kintamani 80652 Bangli
Tlp : 0366-51221

Tips Liburan di Desa Pegunungan Batur di Pulau Bali


  1. Cuaca di lokasi ini cukup dingin, jadi tambah baik Anda membawa pakaian hangat. 
  2. Bila Anda mau mendaki gunung batur tambah baik membawa pemandu atau rekan yang telah pernah mendaki gunung batur pada awal mulanya. 
  3. Janganlah lupa bawa kamera Anda, lantaran panorama di lokasi wisata ini sangatlah layak untuk diabadikan.


Berbelanja di Desa Pegunungan Batur di Pulau Bali

Lantaran Batur terdapat di kecamatan Kintamani yang populer dengan jeruknya. Jadi Anda dapat beli Jeruk juga sebagai oleh-oleh, namun banyak juga bertebaran beberapa toko suvenir selama perjalan Denpasar-Kintamani terlebih yang melalui jalur Tampaksiring. Di lokasi-lokasi wisata juga ada banyak toko suvenir yang jual cindera mata khas Bali.

Berkeliling di Desa Pegunungan Batur di Pulau Bali

Bila Anda tak turun ke Lokasi Gunung Batur serta Danau Batur mungkin saja cara yang paling baik yaitu memakai mobil namun Anda dapat juga jalan kaki. Sedang bila Anda mengambil keputusan untuk mengujungi Gunung serta Danua Batur cara yang terbaik untuk berkeliling yaitu dengan jalan kaki.

Transportasi di Desa Pegunungan Batur di Pulau Bali

Anda dapat menuju kintamani baik dari kuta, sanur, ubud serta nusa dua lewat cara tempuh 1 hingga 2 jam dengan memakai mobil serta sepeda motor sewaan atau agen perjalanan, umumnya seluruhnya agen perjalanan atau tur operator di Bali, memasukkan Kintamani dalam itinerary (rute perjalanan wisata) mereka.

Kuliner di Desa Pegunungan Batur di Pulau Bali

Ada banyak restoran di lokasi batur yang pantas Anda cobalah bila perut telah tak dapat di ajak kompromi. Sebagian restoran disini memakai panorama Gunung Batur serta Danau Batur juga sebagai latar belakang restoran mereka. Jadi Anda dapat nikmati makanan sembari nikmati pemandangan yang indah. Di Penelokan (tempat melihat-lihat), ada banyak restoran, di mana Anda bisa beristirahat serta menyantap makanan yang sesuai sama selera Anda.

Kegiatan di Desa Pegunungan Batur di Pulau Bali

Seperti pepatah menyampaikan ”sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui” serta pepatah inilah yang mungkin saja bakal terbesit dipikiran Anda saat hingga di lokasi batur. Lantaran lokasi ini adalah lokasi wisata jadi Ada beberapa hal yang Anda dapat kerjakan disini, tak cuma lihat pemandangan lokasi pegunungan dari penelokan, namun Anda dapat juga bersantai di restoran nikmati hidangan di meja sembari ditemani oleh hawa sejuk yang bersahabat atau turun ke bawah berkunjung ke Gunung Batur serta Danau Batur.

Gunung Batur




Gunung Batur yang spektakuler adalah suatu gunung berapi aktif di Batur, Kecamatan Kintamani. Terdapat di barat laut Gunung Agung, gunung ini mempunyai kaldera memiliki ukuran 13, 8 x 10 km. Gunung Batur sudah berulang-kali meletus. Aktivitas letusan Gunung Batur yang terdaftar dalam histori diawali mulai sejak th. 1804 serta letusan paling akhir berlangsung th. 2000 serta paling dahsyat berlangsung tanggal 2 Agustus serta selesai 21 September 1926. Letusan Gunung Batur itu bikin aliran lahar panas yang menumpuk Desa Batur serta Pura Ulun Danu Batur.

Bila Anda lihat Gunung Batur dari ketinggian, warnanya yang hitam seakan-akan menunjukkan bahwa pohon-pohon di gunung itu habis terbakar. Tetapi nyatanya warna ini datang dari hamparan bebatuan hitam yang duduk diam diatas permukaan gunung. Warna inilah yang jadikan gunung batur tampak mengagumkan.

Aktivitas mendaki puncak Gunung Batur lebih kurang sepanjang 3 jam, tentu dengan menyewa pemandu lokal maupun teman dekat yang telah pernah mendaki gunung ini pada awal mulanya. Setibanya di puncak gunung, Anda bakal terperangah melihat Gunung Agung serta Gunung Rinjani dari kejauhan. Terkecuali mendaki, Anda dapat juga bertandang ke daerah wisata lainya seperti ke kawah serta kaldera. Object wisata lain di lokasi Gunung Batur diantaranya : Kedisan, Desa Batur, Penulisan, Buahan, Toya Bungkah serta Songan.

Sedang untuk Wisata budaya di lokasi Gunung Batur, Anda dapat bertandang ke Trunyan. Di samping utara Trunyan ada kuban, tempat pemakaman desa, jenazah disini tak dikuburkan atau dibakar, tetapi ditempatkan dibawah pohon sesudah dikerjakan upacara kematian yang rumit. Tempat pemakamanan ini dipenuhi oleh tulang-tulang, serta mungkin saja kita temukan mayat yang masih tetap baru, anehnya mayat-mayat ini tak keluarkan bau sekalipun. Jadi bila Anda bernyali besar, Anda dapat bertandang ke Trunyan.

Danau batur

Bila Sumatera Utara mempunyai Danau Toba juga sebagai salah satu andalan wisata mereka, Bali mempunyai Danau Batur juga sebagai andalan mereka. Hal semacam ini tak salah lantaran Danau Batur mempunyai pemandangan yang spektakuler. Danau Batur juga adalah danau terluas di Bali.

Danau Batur yang berupa bln. sabit ini ada didalam kaldera Gunung Batur yang mempunyai panjang seputar 7, 5 km, lebar 2, 5 km, kelilingnya seputar 22 km serta luasnya seputar 16 km2. Kaldera Gunung Batur diprediksikan terbentuk disebabkan dua letusan besar, 29. 300 serta 20. 150 th. waktu lalu. Letusan ini jadikan tempat di seputar danau jadi subur, hingga lokasi Danau Batur adalah lokasi yang mulai sejak lama sudah digunakan juga sebagai tempat pertanian sayuran ataupun wisata lantaran terdapat pada ketinggian di atas 1000 mtr. di atas permukaan laut. Di danau ini dapat ada aliran air dalam tanah yang mengalirkan air Danau Batur, yang nampak jadi mata air di sebagian tempat di Bali serta dikira juga sebagai " Tirta Suci ".

Untuk hingga ke pinggir danau, beberapa pengunjung bakal menuruni bukit yang terjal, berbatu serta berpasir sampai hingga ke desa Kedisan yang ada di pinggir danau.

Di tepi barat Danau Batur ada Toyobungkah yang disebut sumber mata air panas alam yang dipakai untuk berendam lantaran dipercaya bisa mengobati penyakit kulit. Bila Anda mau yang lebih tertutup, pergilah ke Tirta Sanjiwani Hot Spring Complex. Ditempat ini Anda dapat berendam untuk menghilangkan pegal-pegal terutama mereka yang baru pulang mendaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar