Senin, 27 Juli 2015

Trekking Ke Puncak Gunung Rinjani DI Pulau Lombok: Menelusuri Keagungan Ciptaan Tuhan


Gunung Rinjani DI Pulau Lombok

Trekking Ke Puncak Gunung Rinjani DI Pulau Lombok: Menelusuri Keagungan Ciptaan TuhanGunung Rinjani yang megah adalah gunung api besar yang menjulang tinggi di lokasi Pulau Lombok. Mendaki ke puncak gunung Rinjani bisa jadi pengalaman tak terlupakanyang bisa Anda rasakan. Dengan ketinggian 3. 726 m, Gunung Rinjani adalah gunung paling tinggi ke-2 di Indonesia. Memanglah mendaki ke puncak Gunung Rinjani tidaklah gampang tetapi sebanding terasa bila Anda sudah tiba di puncak serta nikmati salah satu panorama yang terindah yang mempesona.

Gunung ini adalah bagian dari ‘cincin api’ yang tenar serta memegang fungsi utama dalam segi kehidupan spiritual penduduk setempat. Diprediksikan bahwa nama Rinjani datang dari arti Jawa Kuno yakni ‘Tuhan’. Di seputar lereng Gunung Rinjani ada rimba lebat yang terperciki air terjun yang dikelilingi panorama yang begitu luar biasa indahnya.

Didalam lokasi gunung ada danau berupa sabit yakni danau Segara Anak yang luar biasa dan berjarak kurang lebih 6 km bersebrangan dengan titik terlebarnya. Danau sulfur ini terletak 600 m dibawah lereng kawah. Air yang naik dari danau ini adalah gunung api yang baru yakni Gunung Baru yang merupakan hasil dari erupsi yang bertubi-tubi pada th. 1990an. Segara Anak adalah tempat spiritual. Orang Bali datang ke sini tiap-tiap th. serta mengadakan upacara yang dimaksud pekelan di mana perhiasan diletakkan di danau juga sebagai persembahan pada roh gunung. Orang-orang Wetu Telu juga berasumsi danau itu juga sebagai tempat suci serta mereka datang kesini untuk berdoa saat malam bln. purnama.

Gunung Rinjani berada di Taman Nasional Gunung Rinjani. Taman dengan luas 41. 330 ha serta di dalamnya ada zona transisi Garis Wallacea. Ditempat inilah flora serta fauna tropis Asia Tenggara bersua dengan flora serta fauna Australia. Taman Nasional ini didirikan th. 1997 serta menjadi salah satu dari 40 taman nasional yang berada di Indonesia.

Gunung Rinjani DI Pulau Lombok

Untuk beberapa wisatawan, rute trek Rinjani yang berjalan sepanjang 3 hari mencakup trekking dari Senaru ke lereng kawah, kemudian menuruni kawah danau lantas berlanjut ke Sembalun Lawang yang di anggap juga sebagai salah satu tempat penjelajahan paling baik di Asia Tenggara. Beberapa trekker yang sejati umumnya melanjutkan perjalanan ke puncak gunung berapi. Gunung berapi ini bisa ditempuh dari Sembalun Lawang serta membutuhkanwaktu 4 hari yang akanberakhir di Senaru.

Untuk meyakinkan bahwa orang-orang setempat memperoleh keuntungan dari pemasukan pariwisata jadi Trek Rinjani dikelola oleh kemitraan resmi Taman Nasional yakni perwakilan orang-orang serta industri bidang umum serta pribadi pariwisata Lombok. Orang-orang menggerakkan koordinasi koperatif penjelajahan di Rinjani Trek Center (RTC) di Senaru serta Rinjani Information Center (RIC) di Sembalun Lawang.

Pemasukan dari pariwisata serta ticket masuk dipakai untuk konservasi, manajemen, serta mendukung Taman Nasional dengan pemeliharaan Trek Rinjani, dengan hal tersebut Taman Nasional bisa terpelihara dengan baik. Jenis manajemen ini yaitu manajemen yang unik di Indonesia serta dikira juga sebagai misal praktek ekowisata di Indonesia.

Kegiatan 

Trekking Ke Puncak Gunung Rinjani

Tak ada yang lebih menantang lagi terkecuali mendaki gunung berapi yang masih tetap aktif. Mendaki Gunung Rinjani adalah uji nyali, tetapi perjuangan Anda bakal dihadiahi dengan panorama gunung berapi yang spektakuler, danau sulfur, air terjun, serta panorama menarik yang lain selama jalan. Serta ada banyak keajaiban alam yang ada di Taman Nasional yang siap untuk dijelajahi.

Janganlah terlewat juga Anda untuk menjelajahi gua-gua terpencil. Ada 3 gua yang populer disini yakni Gua Susu, Gua Payung serta Gua Manik. Gua Susu adalah tempat yang pas untuk merefleksikan diri serta kerap dipakai untuk bermeditasi. Segarkan badan Anda di mata air panas yang diakui bisa mengobati penyakit. Saluran mata air panas yang disebut sebagai kokok putih adalah tempat yang prima untuk mengistirahatkan badan yang capek. Orang-orang setempat yakini bahwa mata air panas itu mempunyai kemampuan untuk mengobati. Air dihimpun dari sini serta digabung dengan tanaman obat-obatan untuk bikin minyak obat yang dimaksud Siu Satus Tunggal atau dalam bhs Bayan Siu Satunggal yang berarti bisa mengobati seribu jenis penyakit.

Bunga Edelweiss di Puncak Gunung Rinjani

Edelweiss atau dimaksud juga bunga kekal adalah tanaman yang langka serta bernilai. Anda tidak bisa membawa atau menuai Edelweiss dari taman. Edelweiss dikira orang-orang setempat adalah sisi misteri dunia dari kerajaan roh. Pada zaman dulu, seorang yang inginkan bunga ini mesti cukup berani untuk bertarung serta mempertaruhkan jiwanya. Oleh karenanya bunga ini dimaksud juga Sandar Nyawa. Di lereng Gunung Rinjani juga ada desa Tetebatu yang merapat yang mempunyai panorama sawah serta perkebunan tembakau yang terbentang hijau serta menyejukkan mata. Dari sini, sewalah seseorang pemandu wisata untuk membawa Anda ke Taman Wisata Tetabu (Monkey Forest) di mana Anda bakal temukan kera-kera berwarna hitam serta air terjun yang spektakuler.

Tips

Rute Trekking Gunung Rinjani

Untuk mendaki gunung, Anda membutuhkan sepatu boot untuk mendaki yang bagus. Saat Anda hingga di lereng kawah udaranya dingin serta berangin, jadi bawalah baju hangat.
Seseorang pemandu dibutuhkan juga sebagai penunjuk jalan lantaran mendaki sendiri sangatlah tak direferensikan. Janganlah datang pada musim hujan lantaran jalurnya pasti licin serta dan ditakutkan berlangsung longsoran batu yang beresiko. Sebaiknya membawa sleeping bag sendiri, tetapi bila Anda tak mempunyai, Anda bisa menyewanya. Tenda serta peralatan trekking yang lain dapat juga disewa.


Berbelanja 

Di Lombok ada beragam kerajinan tangan serta souvenir yang di jual. Kerajinan paling utama Lombok yaitu beberapa barang yang bisa dipakai sehari-hari, tetapi mencerminkan ketrampilan yang bagus. Kerajinan tangan di buat memakai tehnik tradisional berbahan alam lokal.

Kerajinan tangan dari Lombok mencakup tembikar serta batu gamping, kain tenunan tradisional, topeng kayu, kotak, ukiran-ukiran kuno. Kain tenun di produksi di Sengkol, Sade serta di Pringgasela. Loyok mempunyai patung-patung kayu, keranjang bambu serta guci-guci keramik. Banyumulek, Penunjak serta Masbagik spesialisasi penghasil tembikar tanah liat.  Lombok juga tersohor dengan mutiaranya yang indah yang bisa Anda buat jadi souvenir yang indah.

Trekking Ke Puncak Gunung Rinjani DI Pulau Lombok: Menelusuri Keagungan Ciptaan Tuhan

Berkeliling

Langkah yang paling populer untuk mendaki Rinjani adalah lewat ekspedisi pendakian sepanjang 4 atau 5 hari, dari mulai Senaru serta selesai di Sembalun Lawang. Beberapa trekker dari mulai Senaru mendaki ke lereng kawah yang mengagumkan, lantas menuruni danau kawah yang indah serta meneruskan ke Sembalun Lawang.

Transportasi 

Desa Senaru serta Sembalun Lawang adalah dua titik permulaan untuk mendaki Gunung Rinjani. Desa Senaru memiliki jarak sekitar 3 jam perjalanan dari Utara Mataram, sedang Desa sembalun Lawang berjarak kurang lebih 4 jam perjalanan dari timur Mataram. Anda bisa hingga ke Senaru dengan memakai angkutan umum ke Bayan lantas jalan kaki.

Puncak Rinjani di Pulau Lombok

Kuliner 

Umumnya pemandu wisata bakal menyiapkan makanan untuk Anda sepanjang trek atau Anda bisa membawa makanan sendiri. Umumnya beberapa trekker juga beli persediaan makanan sendiri di Mataram atau Senggigi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar