Selasa, 28 Juli 2015

Wisata Pulau Lombok Indonesia, Menjelajahi Destinasi Terpopuler di Nusa Tenggara Barat




Wisata Pulau Lombok Indonesia, Menjelajahi Destinasi Terpopuler di Nusa Tenggara Barat - Dengan pantai-pantai yang indah nan ajaib, Gunung Agung Rinjani serta kehidupan laut spektakuler yang menarik untuk dijelajah, pulau lombok di Nusa Tenggara Barat mempunyai banyak destinasi wisata baik di darat ataupun di laut. Tak heran bila Lombok merupakan destinasi terpopuler di Nusa Tenggara Barat.

Bertandanglah kesini untuk berselancar rasakan ombak besar di pesisir selatan. Tantang nyali Anda dengan mendaki menuju puncak gunung vulkanik. Sewalah sepeda serta sepeda motor untuk berkeliling di selama jalanan ladang padi. Dimanapun Anda mau menghabiskan waktu, Anda tidak bakal kecewa dengan kecantikan alam yang spektakuler disini.

Resor paling besar di sini yaitu Senggigi, kota pelabuhan yang ada di pesisir pelabuhan yang sediakan panorama matahari terbenam berwarna emas yang luar biasa di Bali. Panorama sunset yang luar dapat ini sangatlah pas di nikmati dengan secangkir minuman yang ada di restoran depan laut.

Pengunjung lain di Lombok pilih untuk menggunakan waktu mereka di pulau Gili-gili, pulau tropis yang terpencil dengan pantai-pantai yang luar biasa indahnya serta sekitar lingkungan yang elegan. Masyarakat asli lombok yaitu Sasak, Lombok juga rumah untuk umat Hindu Bali serta beberapa orang Cina, Jawa, Bugis serta Arab.

Beberapa orang Sasak memegang keyakinan Islam Wektu Telu yang didefinisikann juga sebagai “Islam tiga waktu” mengacu pada salat mereka yang 3 kali satu hari serta tidak sama dengan umat Islam yang salat 5 kali satu hari. Wektu Telu yaitu agama yang unik yang memadukan kebiasaan serta keyakinan Islam kuno, keyakinan ini cuma diketemukan di Lombok Utara. Mereka yang melakukan kepercayaan ini yaitu penganut agama Islam namun sekalian melakukan ritual-ritual tradisional. Misalnya seperti upacara Nyiu yang diselenggarakan sesudah seratus hari seorang wafat. Keluarga orang yang wafat menghadirkan seperti baju, sikat gigi serta makanan hingga orang yang telah wafat bakal tenang dalam surga.


Festival Agama yang lain diperingati pada awal musim hujan (Oktober-Desember) atau musim panen (April-Mei) dengan perayaan di desa-desa di semua pulau.

Budaya Sasak sangatlah penting untuk kemampuan serta ketrampilan fisik serta banyak kebiasaan lokal mereflesikan kebudayaan ini. Peresehan yaitu salah satu kebiasaan lokal yang memadukan pertarungan pada dua pria yang memakai rotan panjang serta perisai kecil berupa bujung sangkar dari kulit sapi.

Musik serta tarian sangatlah utama dalam budaya Sasak. Tarian tradisional ditarikan sepanjang upacara-upacara utama. Tarian ini datang dari tari perang, seperti Gendang Beleq (drum besar) hingga Cupak Gerantang yang popular yang menceritakan cerita cinta serta romansa.


Akomodasi Di Tempat Wisata Pulau Lombok Indonesia

Peta Wisata Pulau Lombok Indonesia
Terdapat beberapa pilihan akomodasi di Lombok mulai dari yang murah s/d resor elegan. Biasanya hotel-hotel terdapat di Senggigi. Musim ramai wisatawan yaitu bln. Juni-Agustus jadi bila Anda merencanakan untuk bertandang ke Lombok, yakinkan Anda pesan terlebih dulu.


Berbelanja Di Tempat Wisata Pulau Lombok Indonesia

Mau membawa suvenir berlibur ke rumah? Lombok sangatlah populer dengan mutiaranya, anyaman, keramik serta kain hasil anyaman seperti songket serta ikat.
Pilihlah sebagian hasil kerajinan tangan di beberapa toko di Jl Raya Senggigi, Mataram. Kunjungi hasil tenunan di Rinjani atau manjakan diri Anda dengan belanja sebagian perlengkapan di Galeria Noa.
Bila Anda tertarik dengan kerajinan keramik, kunjungilah desa Banyumulek, pusat kerajinan keramik dekat Mataram. Di sini Anda bakal lihat pot-pot berukir indah serta termos air.

Untuk mereka yang suka pada perhiasan, Lombok populer dengan produksi mutiara terbaiknya. Festival Mutiara Lombok-Sumbawa tahunan yaitu saat yang pas untuk bertandang serta pilih sebagian mutiara yang indah.
Salah satu ruang yang populer untuk belanja beberapa barang antik terdapat di Jl Yos Sudarso di mana Anda bakal lihat peti bambu tradisional hingga perhiasan dari tulang serta patung kayu.

Bertais yaitu pasar harian paling besar di Lombok yang jual buah-buahan serta sayuran fresh hingga semua type bumbu serta artefak lokal.

Gem Pearls
Jl. Raya Meninting 69, Senggigi, Lombok
E-mail : dewi_gempearls@yahoo. com
Telp : 0370 647300

Berkeliling Di Tempat Wisata Pulau Lombok Indonesia


Bentuk transportasi di pulau ini berbentuk bus serta bemo (minibus kecil). Terminal bus paling utama yaitu Mandalika terdapat di Bertais. Menyewa mobil atau sepeda motor merupakan cara paling baik untuk menjelajah pulau ini. Anda bisa menyewa mobil serta sepeda morot di Senggigi. Hotel serta agen perjalanan tawarkan harga yang berkompetisi untuk penyewaan mobil serta sepeda motor.
Bila Anda telah menyewa sepeda motor di Bali, Anda dapat membawanya ke Lombok dengan mengunakan kapal ferry.
Untuk memperoleh pengalaman lokal, nikmati perjalanan Anda dengan mengendarai cidomo atau andong. Type transportasi lokal ini munkin bukanlah langkah paling cepat untuk berkeliling namun langkah paling baik untuk nikmati panorama di sana.

Transportasi Di Tempat Wisata Pulau Lombok Indonesia

Perjalanan udara : terdapat beberapa penerbangan harian pada Denpasar, Bali ke Lombok, Mataram. Bandara Selaparang Lombok terdapat dibagian utara Mataram.

Penerbangan yang terbang ke Lombok :
Garuda
Lion Air
Merpati
Silk Air
Batavia Air
Trans Nusa

Penerbangan ke Lombok dari Jakarta dilayani oleh Garuda Indonesia, Merpati, Lion Air serta Batavia. Lion Air serta Batavia Air transit terlebih dulu di Surabaya. Sedang dari Denpasar (Bali) ke Mataram (Lombok) Trans Nusa (Trigana Air), Transportasi Hawa Indonesia serta Merpati berbarengan mengoperasikan 8 penerbangan.

Penerbangan internasional dari Kuala Lumpur dilayani oleh Merpati yang mengambil rute : Kuala Lumpur-Surabaya-Mataram, sedang Silk Air terbang dari Singapura-Mataram tiga kali satu minggu. Garuda juga mempunyai penerbangan dari Kuala Lumpur ke Lombok. Bandara internasional baru mungkin saja bakal di buka di Lombok Tengah diakhir th. 2010.

Perjalanan laut : kapal ferry pergi dari Padang bai (Bali) serta Lembar (Lombok) 2 x satu hari. Perjalanan mengonsumsi saat sepanjang 4 jam. Sepeda motor serta mobil bisa dibawa dengan ferry. Bila Anda condong mabuk laut berhati-hatilah lantaran perjalanan kadang-kadang tak mulus.

Kapal ferry pergi 2 x dalam satu hari pada Labuhan Lombok serta Poto Tano di Sumbawa sepanjang satu 1/2 jam.

Dengan kapal cepat : Blue Water Safari mengoperasikan kapal cepat dari Bali ke Lombok, kepulauan Gili serta Pulau Lebong.

Kuliner Di Tempat Wisata Pulau Lombok Indonesia

Sebagian tempat popular untuk berburu kuliner terdapat di Senggigi. Disini Anda dapat memperoleh makanan mulai dari makanan Indonesia hingga masakan Barat.
Bila Anda tak punya masalah dengan makanan pedas, coba sebagian makanan Lombok yang bercita rasa pedas. Ayam Taliwang yaitu ayam bakar dengan sambal pedas serta dilengkap dengan sayuran.
Masakan Sasak seperti ikan air tawar serta sate juga sangatlah populer.

Kegiatan Di Tempat Wisata Pulau Lombok Indonesia

Puncak Gunung Rinjani

Tantang nyali Anda dengan mendaki ketinggian dari puncak gunung Rinjani. Di ketinggian sekitar 3, 700 mtr. diatas permukaan laut, pendakian gunung vulkanik megah ini bakal membutuhkan waktu sekurang-kurangnya tiga hari serta tak dianjurkan untuk pasien ganguan jantung. Demikian tiba di pucak keletihan Anda bakal dibayar dengan panorama alam Indonesia yang luar biasa.

Rasakan pasir pantai di telapak kaki Anda serta berenang di air pantai Kuta yang bercahaya di Selatan Lombok. Pasir putih serta panorama samudra yang spektakuler disini jadikan tempat ini juga sebagai destinasi wisata yang luar biasa. Kunjungi Pantai Kuta selama Nyale Fishing Festival tahunan, umumnya diselenggarakan pada bln. Februari atau Maret serta nikmati perayaan serta prosesi berwarnanya. Jelajahi teluk kecil tidak berpenghuni dekat pantai utara Senggigi di mana Anda cuma ditemani oleh nelayan yang aneh. Berjemur serta berselancar di pantai Batu Bolong yang indah. Pantai ini mengambil nama dari batu-batu besar dengan berlubagdi tengahnya. Pastikan Anda rasakan sunset yang luar umum indah saat matahari mulai terbenam di gunung Agung Bali dengan warna menyala yang luar umum.
 
Mutiara DI Pulau Lombok

Pelajari perihal sejarah lokal serta kunjungi Istana Air Meruya di Mataram, ibu kota Lombok. Tempat ini di bangun pada 1744 serta dulu adalah tempat perang berdarah pada Belanda serta masyarakat Bali pada akhir era ke 19. Rasakan ketenangan candi Lombok paling besar, Pura Meru, terdapat dibelakang Taman Air. Candi yang beratus-ratus tahun ini didedikasikan pada Trimurti Hindu Brahma, Vhisnu, serta Shiva.

Kunjungi Pura Lingsar yang unik, candi gabungan pada Bali Hindu serta kepercayaan Wektu Telu dalam satu komplek. Berkeliling serta belanja di pasar kota Surandi yang memukau. Terdapat banyak tempat piknik yang indah untuk bersantai serta beristirahat. Selami budaya Sasak dengan bertandang ke desa Batu Kumbung, di timur laut Mataram. Di desa tradisional ini Anda bakal temukan beberapa wanita mengayam kain tenun seperti yang dikerjakan nenek moyang mereka beratus-ratus tahun lantas.
 
Uji keberuntungan Anda dengan bertandang ke pacuan kuda di lapangan Salakalas. Perlombaan diselenggarakan sehari-hari minggu. Saksikan joki muda dalam pertandingan yang ketat hingga garis akhir di mana pemenang bakal memberika senyuman kemenanganya. Perlombaan ini sangatlah utama jadi malam saat sebelum perlombaan, beberapa masyarakat desa bakal memijat kuda mereka serta kadang-kadang memainkan musik gamelan untuk menentramkan kuda-kuda.

2 komentar:

  1. buat traveller pencinta pulau lombok yang suka jalan sendiri ala backpacker atau yang traveling dengan ngambil paket wisata lombok .. ada lagu yg pas sekali untuk tulisan ini.. judulnya : lombok i love you#amtenar, makasih untuk tulisannya ini ya kakak.

    BalasHapus
  2. Temukan berbagai macam informasi tempat wisata yang ada di Indonesia dan juga artikel-artikel tentang pariwisata di wisataindonesiaraya.com dan like page facebook disini http://on.fb.me/1MbJBOz

    BalasHapus