Selasa, 04 Agustus 2015

Pulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat, Surga para Surfer Dari Seluruh Dunia




Pulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat, Surga para Surfer Dari Seluruh DuniaPulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat merupakan tempat yang terpencil nan indah, yang merupakan rumah bagi para surfer. Terdapat di sisi timur pulau Lombok yang lebih populer, Sumbawa menanti untuk diketemukan oleh Anda. Mungkin saja bakal membutuhkan waktu yang lebih lama untuk meraih pulau ini namun saat Anda menapakkan kaki di Sumbawa, keletihan Anda bakal dihargai dengan surfing serta panorama yang luar biasa.

Pulau ini populer dengan ombaknya, pantai berpasir serta medan yang liar. Dengan tempat surfing paling baik serta terumbu karang yang spektakuler, umumnya pelancong datang ke Sumbawa untuk berselancar serta menyelam. Slogan Sumbawa bakal memberi info yang perlu Anda ketahui perihal pulau ini. B E S A R merupakan singkatan dari Bersih, Elok, Sehat, Aman, Rapi.

Lantaran Sumbawa merupakan destinasi pedesaan jadi tak mempunyai infrastruktur pariwisata seperti di Lombok serta Bali. Kunjungi tempat ini bila Anda suka pada petualangan serta mau memperoleh pengalaman yang betul-betul otentik pada budaya lokal. Laju kehidupan di Sumbawa termasuk juga lambat. Orang-orang lokal sebagian besar Muslim namun keyakinan serta ritual-ritual tradisional masih tetap selalu memengaruhi kehidupan penduduknya sehari-hari.

Ada dua grup budaya paling utama di Sumbawa, Tau Samawa yang berada di sisi barat serta Dou Mbojo di timur. Dibagian Sumbawa, beberapa cara hidup tradisional masih tetap berlanjut sampai hari ini. Banyak aktivitas ritual dengan beberapa cara lama masih tetap dikerjakan seperti balap kerbau serta berempuk dalam ritual kompetisi tinju.

Kegiatan di Pulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat

Gunung Tambora

Mendaki ke puncak gunung paling tinggi di Sumbawa, Gunung Tambora dengan ketinggian 2. 851 mtr.. Gunung berapi spektakuler ini meletus pada th. 1815 namun sampai saat ini belum memperlihatkan aktifitasnya. Mendaki ke pinggir gunung berapi serta mengintip ke lubang kawah raksasa yang luar biasa berdiameter sekitar 3km.

Surfer bakal berbondong-bondong ke desa Maluk di mana ada pantai pasir putih serta air laut yang luar biasa serta pirus bisa diketemukan disini. Bila Anda seseorang surfer yang memiliki pengalaman, Anda mesti coba menyentuh dinding ombak besar yang populer serta bersantai di terumbu karang dengan panjang hingga mencapai 100 mtr..


Sumbawa Besar merupakan kota paling utama di Sumbawa Barat. Dalam Loka (Istana Sultan) merupakan daya tarik wisata paling utama disini. Di bangun pada th. 1885. Berkunjung ke sisa-sisa istana ini adalah aktivitas yang menarik.  Sepanjang festival Anda mungkin saja cukup mujur bisa melihat pertempuran tradisional Sumbawan, yang disebut Berempah. Sejenis tinju dengan menggunakan tangan telanjang.

Ombak di pantai Lakey Hu'u serta di Timor Sumbawa menarik perhatian surfer dari seluruh penjuru dunia. Ombak paling baik terdapat  pada bln. Juni serta Agustus. Desa indah dengan rumah tradisional Bima dengan lumbung padi yang disebut dengan lengge.

Transportasi di Pulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat

 Pelabuhan Poto Tano

Pertama Anda mesti ke Lombok. Dari Lombok, Anda bisa menaiki feri ke Poto Tano di Sumbawa Barat. Sebagian resor bisa mengatur sea plane dari Bali segera ke Sumbawa atau kapal cepat dari Lombok.

Di Sumbawa ada bus umum yang beroperasi di jalan-jalan besar. Penyewaan mobil bisa dilakukan lewat hotel di Sumbawa Besar Bima. Sepeda motor dapat juga disewa. Bila Anda mau rasakan pengalaman yang lebih otentik, cobalah kereta kuda tradisional - yang disebut Benhur, untuk menjelajah seputar Sumbawa Besar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar