Selasa, 24 Maret 2015

Review Tempat Liburan: Pura Besakih di Pulau Bali




Pura Besakih di Pulau Bali - Terdapat dibagian barat lereng Gunung Agung serta dikatakan sebagai pura Hindu paling besar di Bali. Pura Besakih terdapat di daerah luas, tawarkan pada Anda panorama indah serta bangunan pura menawan yang melingkari komplek pura ini.

Candi Besakih terdapat di Desa Besakih, dibagian timur Bali. Nama Besakih datang dari kata " Basuki ", di ambil dari kata " Wasuki " yang bermakna Keselamatan dalam bhs Sansekertanya. Sedang, dalam mitologi Samudramanthana, nama " Besuki " sesungguhnya merujuk pada " Naga Besukian ", yang menempati Gunung Agung, gunung berapi paling utama di Bali.

Komplek pura besar ini sudah dikira juga sebagai tempat suci mulai sejak zaman kuno. Berdasar pada catatan prasasti kuno 1007 Masehi. Di ketahui bahwa mulai sejak era ke-15, Besakih dikira juga sebagai pusat candi Hindu di Bali.

Pura Besakih di Pulau Bali, juga di kenal juga sebagai Pura Penataran Agung yaitu tempat beribadah paling utama umat Hindu di Pulau Bali. Adalah komplek yang terbagi dalam 22 candi di pegunungan paralel. Komplek ini mengekspresikan keyakinan utama dari orang Bali yang di kenal juga sebagai Tri Hita Kirana, yang bermakna bahwa kehidupan di bumi mesti ditempuh serta disimpan dalam keseimbangan serta serasi pada manusia serta Tuhan, manusia serta sesamanya, dan manusia serta lingkungan alam.

Selama bln. purnama, orang-orang Bali serta peziarah berbondong-bondong ke pura. Sepanjang festival Odalan, pura bakal dihias dengan indahnya. Odalan dirayakan sehari-hari ke 210.

Setelah puas menikmati keindahan Pura Besakih, Anda bisa beli sebagian suvenir khas Bali untuk anggota keluarga atau orang yang Anda cintai. Bali populer dengan kerajinan tangannya yang unik, lukisan, patung serta ukiran. Ada pula banyak pedagang kaki lima yang jual pernak-pernik serta kerajinan pura.

Tempat makan di Pura Besakih pun juga sangat beragam. Terdapat beberapa warung tepi jalan di selama jalan setapak saat sebelum Anda meraih pintu gerbang komplek pura. Anda tak perlu meminta potongan harga, lantaran harga yang di tawarkan sangatlah lumrah.

Pura Besakih di Pulau Bali ini sangatlah gampang diketemukan, lantaran umumnya orang tahu pura ini juga sebagai salah satu maksud wisata paling baik di Bali. Terdapat banyak titik awal yang bisa Anda tentukan.

Dari Kuta, diperlukan seputar 2 jam untuk hingga disini. Cukup menuju ke timur ke arah Sanur, lalu ikuti jalur pantai, yang terhubung ke Bypass Kusamba di Tohpati. Lantas pergi ke utara hingga Anda temukan sinyal jalan menuju Besakih serta sesudah sebagian km. berbelok ke utara.

Bila Anda tinggal di seputar Klungkung, jadi Besakih berjarak seputar 20 km. di utara kota. Pakai Bemo, bus umum memiliki ukuran kecil yang bakal membawa Anda ke Besakih dari Klungkung. Bemo kerap pergi saat pagi hari serta dianjurkan untuk bertukar bemo di Rendang, pertengahan pada Klungkung serta Besakih.

Bila Anda datang dari utara Denpasar dengan mobil jarak yang ditempuh yaitu seputar 25 km.. Tetapi, bila Anda tinggal dibagian timur Bali seperti di Tirta Gangga, Candidasa, atau Amed, Anda bisa meraih Besakih dengan mengambil jalan pedalaman yang lebih kecil dari Karangasem. Jalur ini bakal membawa Anda ke perempatan pada Besakih serta Klungkung di Rendang, lalu berbelok ke kanan untuk meraih Pura Besakih.

Sepanjang satu jam perjalanan Anda, Anda bakal nikmati panorama indah dalam perjalanan lewat rimba, desa, serta sawah. Bila Anda mau berhenti sebentar di salah satu desa, Anda bakal lihat bagaimanakah masyarakat setempat hidup, serta belajar sedikit perihal rumah mereka yang unik.



Pura Besakih di Pulau Bali gampang dicapai dari seluruhpenjuru Bali. Anda dapat tinggal dimana saja di pulau serta berkunjung ke kuil. Di semua Bali ada beragam pilihan akomodasi, dari hotel super elegan hingga penginapan yang lebih terjangkau. Juga sangat mungkin untuk tinggal berbarengan masyarakat setempat.

Tips Untuk Anda yang Ingin Pergi Ke Pura Besakih di Pulau Bali

1. Pura Besakih terbuka untuk pengunjung selama th. sepanjang jam buka resmi pada 8 : 00 s/d 5 sore. Cost masuk yaitu Rp 10. 000 Rp, cost parkir Rp 1. 000, cost pemakaian kamera Rp 1. 000, serta memakai video Rp 2. 500.

2. Bila Anda yang belum pernah ke Pura Besakih, Anda mungkin saja mau menyewa pemadu, yang bakal menolong tunjukkan ruang seputar pura. Cost pemandu seputar Rp 175, 000. Tetapi, bila Anda tak terasa butuh untuk menyewa pemnadu, Anda dapat juga berkeliling sendiri.

3. Siapkan diri Anda dengan sepasang sepatu yang nyaman, kacamata hitam, topi, serta t-shirt.

4. Dianjurkan untuk mengajak seseorang rekan yang tinggal di Bali untuk temani Anda atau menyewa pengemudi untuk berkunjung ke Pura Besakih di siang hari.

5. Silakan melaporkan ke penjaga pura bila Anda mempunyai permasalahan.

Untuk meraih komplek pura, Anda mesti jalan di suatu jalan setapak seputar 200 mtr.. Di ke-2 segi jalan, Anda bakal nikmati panorama yang indah, serta rasakan angin menimpa kulit serta rambut Anda dalam perjalanan ke kuil. Bila tak, Anda bisa pilih untuk menyewa sepeda motor yang di tawarkan oleh masyarakat setempat.

Besakih yaitu candi yang mengagumkan, lihatlah candi dari jarak jauh jadi Anda bisa melihat suatu komplek candi seperti piramida yang mengesankan, membentang sampai ke gunung, dengan Gunung Agung juga sebagai latar belakangnya yang dramatis. Panorama mengagumkan yaitu saat pagi hari dimana sinar mentari pagi menyinari komplek pura serta waktu matahari tenggelam. Pura ini dapat dihiasi dengan ornament bergaya Bali, tangga pura, berhala batu suci, serta ukiran batu.

Saat sebelum menjelajahi pura ini, Anda mesti menyewa serta menggunakan sarung di pintu masuk paling utama kuil untuk menghormati kebiasaan Bali, lantaran Pura Besakih yaitu tempat beribadah yang suci. Sarong serta selempang yaitu baju spesial orang Bali waktu berdoa di kuil.

Saat Anda meraih ruang komplek, Anda bakal lihat pura pertama di samping kiri. Pura ini yaitu bait suci yang didedikasikan untuk nenek moyang kerajaan yang di kenal juga sebagai Pura Dalam Puri. Orang Bali menaruh abu ngaben didalam pura ini. Dari sini, jalan menaiki tangga yang bakal membawa Anda ke Pura Penataran Agung.

Masyarakat setempat yakin bahwa Pura Penataran Agung yaitu pusat dari dedikasi pada beberapa Dewa. Di samping candi paling utama ada dua candi utama yang lain., yakni Pura Kiduling Kreteg di samping kanan serta Pura Batu Madeg di kiri.

Beberapa warna kain pada pura didedikasikan untuk sang Pencipta, yang mewakili Trinitas Hindu. Bendera putih didedikasikan untuk candi Siwa (Pura Penataran Agung), banner merah yaitu candi Brahma (Pura Kiduling Kreteg), sedang banner hitam yaitu bait Wisnu (Pura Batu Mandeg). Apabila tengah tak ada festival di pura ini, pengunjung mungkin saja diijinkan masuk ke melihat-lihat candi.

Bila Anda mau menjelajahi sisi pura yang lebih terpencil, pergilah menuju Pura Pengubengan, yang terdapat seputar 2 km. di ujung utara komplek.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar