Kamis, 26 Maret 2015

Review Tempat Liburan: Tanah Lot di Pulau Bali, Nikmati Indahnya Matahari Terbenam di Pura di Atas Tebing



Review Tempat Liburan: Tanah Lot di Pulau Bali, Nikmati Indahnya Matahari Terbenam di Pura di Atas Tebing - Tanah Lot merupakan suatu tempat wisata di Bali yang tawarkan keindahan alam waktu matahari tenggelam. Kekhasan Pura Tanah Lot adalah tempatnya yang terdapat di dalam laut kurang lebih 300 mtr. dari bibir pantai, ada juga batu karang yang di tengahnya ada gua besar.

Di samping utara Pura Tanah Lot ada suatu pura yang terdapat diatas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan serta berupa seperti jembatan yang melengkung. Disini ada dua pura yang terdapat diatas batu besar. Satu terdapat diatas bongkahan batu serta satunya terdapat diatas tebing serupa dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini adalah sisi dari pura Dang Kahyangan serta adalah pura laut tempat pemujaan dewa penjaga laut.

Dibawah serta di samping barat ada sumber air tawar yang disebut air suci untuk Umat Hindu. Jika turun ke pantai pada Pura Tanah Lot dengan tebing, jadi pada bln. spesifik bakal melihat matahari tenggelam di mana bola matahari yang berwarna merah bakal pas ada di lobang tebing, seperti mata yang capek melihat dunia. Sayangnya panorama ini cuma bisa disaksikan pada bulan-bulan spesifik yakni waktu matahari terbenam cenderung ke utara.

Pada sebagian lorong tebing karang di seputar Pura Tanah Lot ada ular-ular belang yang jinak serta diakui oleh orang-orang setempat juga sebagai penjaga pura. Di seputar pura juga ada mata air tawar serta bisa dipandang jika air laut tengah surut. Kehadiran mata air tersebut sebagai salah satu pertimbangan saat tempat ini diambil juga sebagai tempat pura itu.

Kata Tanah Lot terbagi dalam kata “Tanah” yang disimpulkan juga sebagai batu karang, “Lot” atau “Lod” bermakna laut. Jadi Tanah Lot ditujukan yakni tanah yang ada di dalam laut. Pura Tanah Lot didirikan pada era ke-15 oleh Pedanda (pendeta) Hindu bernama Bawu Rawuh atau Danghyang Nirartha yang datang dari Kerajaan Majapahit. Danhyang Niratha dalam perjalanannya untuk menebarkan agama Hindu dari tanah Jawa pada era ke-16. Saat sebelum memberi panduan untuk membangun pura ditempat ini, beliau rasakan ada getaran-getaran kesucian serta memperoleh kesempurnaan bathin.

Menurut Legenda Danghyang Nirartha yang berpedoman ajaran Hindu sukses memperkuat keyakinan orang-orang setempat untuk perihal ajaran Agama Hindu. Seseorang pemimpin suci ditempat itu yang bernama Bendesa Beraban terasa tersaingi lantaran banyak pengikutnya jadi pengikut Danghyang Nirarta. Lalu Bendesa menyuruh Danghyang Nirartha pergi meninggalkan Tanah Lot. Beliau menyanggupi namun saat sebelum meninggalkan Tanah Lot dengan semua kekuatannya ia memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai serta bangun pura di sana. Ia juga merubah selendangnya jadi ular penjaga pura. Ular ini masih tetap ada hingga saat ini serta ular ini termasuk juga type ular laut yang memiliki tanda-tanda berbuntut pipih seperti ikan, warnanya hitam berbelang kuning. Bendesa Beraban terasa takjub serta lalu jadi pengikut Danghyang Nirartha.

Juga sebagai suatu object wisata, Tanah Lot sudah dikelola dengan cara profesional yang dilengkapi dengan sarana parkir, toilet, art shop, restoran, hotel, open stage, tourist information centre, serta sarana security serta safety. Dengan membayar ticket masuk jadi semua pengunjung sudah dilindungi dengan asuransi kecelakaan. Begitupun dengan service parkirnya, tiap-tiap kendaraan yang masuk ke lokasi tanah lot dengan membayar retribusi parkir dengan cara segera telah dilindungi dengan asuransi.

Kegiatan Saat Liburan ke Tanah Lot di Pulau Bali

Waktu hari raya Odalan yang diperingati tiap-tiap 210 hari sekali, jatuhnya dekat dengan perayaan Galungan serta Kuningan yakni tepatnya pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir. Waktu itu Anda bisa melihat orang Bali bersembahyang di Pura Ini. Dengan keindahan pemandangan itu, Anda bisa nikmati makan pagi serta makan siang yang elegan. Anda bisa bersantai ditemani makanan serta minuman favorite. Anda bakal akan kagum lihat langit kemerahan yang melingkupi pura saat matahari tenggelam, deburan ombak yang menghantam karang, pemandangan yang romantis, serta laut biru yang dalam. Juga sebagai obyek wisata favorite di Bali, tanah lot memberi masa lalu yang tidak terlupakan.

Sebagian tempat di seputar Tanah Lot yang bisa Anda nikmati yaitu di bawah ini:

1. Sunset terrace


Sunset terrace adalah salah satu tempat di areal Tanah Lot yang sediakan tempat yang pas untuk membuat situasi yang tidak terlupakan waktu sunset berjalan. Dengan keindahan panoramanya, Anda bisa nikmati makan pagi serta makan siang yang elegan. Anda bisa bersantai sembari mencicipi makanan serta minuman khas Bali sekalian nikmati pemandangan Pura Tanah Lot saat air laut gunakan. Bila air laut gunakan jadi pura ini bakal terlihat seperti suatu perahu terapung diatas air. Di Tanah Lot Anda bisa melihat bln. purnama pada malam hari serta tenggelamnya matahari di kaki langit, adalah satu panorama yang sangatlah indah sembari ditemani secangkir teh atau kopi.

2Batu Bolong
Pura Batu Bolong berlokasi seputar 100 mtr. di samping barat Pura Enjung Galuh, tepatnya di Enjung Batu Bolong dimana batu yang menjorok ke laut itu berlubang di tengahnya. Pura batu bolong adalah tempat untuk memuja pada tuhan untuk kesucian. Pura Batu Bolong adalah tempat yang kerap dipakai untuk mengadakan Upacara Melasti.

3. Enjung Galuh
Pura Enjung Galuh berlokasi berdampingan dengan Pura Jero Kandang, tepatnya di Enjung Galuh, “njung” bermakna batu karang yang menjorok ke laut. Pura Enjung Galuh didirikan untuk memuja dewi kemakmuran, yakni Dewi Sri Shakti.

4. Cultural Park
Surya Mandala adalah salah satu tempat yang pas untuk pagelaran kesenian, pameran, konferensi, serta tentu dapatlah untuk nikmati panorama serta bersantai. Pagelaran kesenian yang di gelar setiap hari yaitu tarian kecak dengan ticket Rp. 50. 000/orang.

5. Pasar seni
Object wisata Tanah Lot dilengkapi dengan sarana berbentuk pasar seni untuk Anda yang mau beli beragam type oleh-oleh kesenian khas Bali.


Tips Saat Liburan ke Tanah Lot di Pulau Bali



Dibawah Pura Tanah Lot ada banyak gua yang di dalamnya hidup sebagian ekor ular besar serta kecil berwarna hitam berbelang kuning. Ular-ular ini sangatlah jinak tetapi tak bisa diganggu. Ada yang menyebutkan bahwa ular ini memiliki toksin 3 kali lebih kuat dari ular cobra.

Semua pengunjung object wisata Tanah Lot saat sebelum masuk lokasi object wisata, bakal beli ticket masuk serta ticket parkir pada pos penjualan ticket. Anda baiknya terus membawa ticket yang telah dibeli untuk penelusuran ketika masuk lokasi object pada pos checking ticket. Ticket yang telah dibeli telah termasuk juga jaminan asuransi kecelakaan pengunjung serta kendaraan yang diparkir.

Semua pengunjung tak diperbolehkan masuk ke lingkungan pura yang ada di semua lokasi object wisata Tanah Lot. Lokasi object wisata Tanah Lot yaitu lokasi suci, jadi Anda diinginkan kenakan pakaian sopan, tak berbicara kasar serta tak bertindak yg tidak pantas. Waktu ada acara ritual keagamaan, Anda diinginkan teratur, mengambil jarak yang cukup serta tak memfoto dengan cara close up waktu acara prosesi supaya tak mengganggu jalannya upacara ritual.

Lokasi object wisata Tanah Lot adalah lokasi pantai laut selatan dengan ombak yang cukup besar. Oleh karenanya Anda diinginkan waspada serta mematuhi sinyal tanda larangan bila bermain di lokasi pantai. Keselamatan terus jadi tanggung jawab diri Anda sendiri. Semua satwa serta tanaman yang ada di object wisata Tanah Lot dilindungi, karena itu Anda diinginkan turut melindungi kelestarian alam serta lingkungan. Lokasi object wisata Tanah Lot adalah lokasi teratur buang sampah. Bila Anda memerlukan pertolongan perihal info serta tempat silahkan hubungi staf operasional object wisata Tanah Lot di tourist information desk.

Berbelanja Saat Liburan ke Tanah Lot di Pulau Bali

Dimuka jalan masuk ke Tanah Lot terdapat banyak art shop yang tawarkan product kerajinan lokal. Pasar seni juga menjual beragam type oleh-oleh kesenian khas Bali seperti pakaian, kain bali, udeng, topi, sandal, pernak-pernik, perhiasan, lukisan, patung, serta barang yang lain yang menarik. Di seputar situ juga ada kedai minuman serta makanan. Dari areal parkir ke ruang pura Anda bakal temui banyak beberapa toko yang tawarkan baju, kalung, bingkai, tatoo, minuman serta bermacam suvenir khas Bali yang lain.

Transportasi Saat Liburan ke Tanah Lot di Pulau Bali

Pura Tanah Lot terdapat di tepi pantai lokasi Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Jaraknya seputar 30 km di samping barat kota Denpasar serta seputar 11 km di samping selatan kota Tabanan atau seputar 43 km. dari lokasi wisata Kuta. Pura Tanah Lot di bangun di atas bukit serta bisa diraih dalam sebagian menit dengan jalan kaki, lantaran jaraknya cuma seputar 100 mtr. dari bibir pantai, apabila air laut tengah surut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar