Sabtu, 04 April 2015

Pulau Menjangan bali, Melihat Surga Bawah Laut di Pulau Bali

Tinjauan Lokasi 



Pulau Menjangan bali, Melihat Surga Bawah Laut di Pulau Bali - Dengan hamparan pantai berpasir putih serta taman bawah laut beragam warna, Pulau Menjangan yaitu pengertian prima dari keindahan alam bawah laut Bali sisi Barat. Terdapat sekira 10 km di terlepas pantai Barat Laut Bali, pulau kecil Menjangan adalah sisi dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Kata ‘menjangan’ dalam bhs Jawa bermakna ‘kijang’. Penamaaan pulau cantik ini didasarkan pada kehadiran kawanan rusa liar yang berenang ke pulau itu meniti jarak sejauh 1, 2 mil tiap-tiap musim semi. Di pulau tidak berpenghuni ini, menjangan memanglah banyak tampak namun populasinya semakin alami penurunan. Untuk tersebut pemerintah lakukan usaha konservasi dengan membuatnya juga sebagai Taman Nasional Bali Barat membuat perlindungan habitat menjangan dari kepunahan serta tentu untuk melindungi kelestarian alam dan keanekaragaman hayati Pulau Menjangan serta sekitarnya.

Di pulau inilah, kesibukan penyelaman pertama kali ditelateni dengan cara serius di Bali, yakni pada th. 1978 waktu Angkatan Laut Indonesia jadi sponsor suatu acara gathering atau aktivitas menyelam berbarengan dengan klub-klub penyelaman di Indonesia : POSSI, Ganesha, Nusantara, serta Trisakti. Acara itu jadi titik tolak dijadikannya Menjangan juga sebagai tempat menyelam internasional andalan di Bali. Sebagian peserta acara itu lalu jadi pelopor operasi penyelaman komersil di sebagian lokasi di semua Indonesia.

Kegiatan



Pulau Menjangan bali, Melihat Surga Bawah Laut di Pulau Bali - Pulau yang di kenal juga sebagai wall diving paling baik di Bali ini mempunyai taman bawah laut yang sangatlah cerah serta penuh warna sekalian kaya biota laut. Pulau Menjangan dikelilingi terumbu karang yang ditandai dengan drop off sedalam 60 mtr. serta formasi batuan yang kompleks. Formasi batuan itu membuat beberapa gua-gua besar serta kecil sebagai habitat untuk terumbu karang, karang lunak, kerapu besar, serta belut moray. Di gua-gua kecil, kakap kecil serta batfish banyak tampak hilir mudik. Basic lautnya juga kaya barrel sponges serta sea fans yang bahkan juga bisa meraih ukuran yang sangatlah besar. Kedalaman laut serta aliran arus yang tenang jadikan taman bawah laut seputar Menjangan yaitu tempat hidup untuk tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut, bahkan juga hiu.

Pada kedalaman sekitar 45 mtr., ada titik menyelam Anchor Wreck. Sesuai sama namanya, ada bangkai kapal komplit dengan jangkarnya yang telah berkarat. Tempat itu di kenal dengan sebutan Anker atau Kapal Budak. Disangka bangkai kapal ini yaitu bangkai kapal laut Belanda pada era ke-19 yang terbenam pada saat terjadinya Perang Dunia II. Kapal ini diberi nama Kapal Budak lantaran disangka mengangkut budak dari Bali menuju ke Batavia (saat ini Jakarta). Dibagian dalam kapal, diketemukan peti-peti diisi keramik serta botol kaca yang telah ditumbuhi karang lunak. Waktu ada di bangkai kapal ini, kemungkinan besar bakal didapati penyu serta ikan hiu.

Eel Gardens yaitu titik penyelaman yang terdapat dibagian barat Menjangan serta disebut-sebut juga sebagai tempat menyelam paling baik di Pulau Menjangan. Sesuai sama namanya, di lokasi ini ada beberapa besar koloni garden eel serta sea fans. Penyelaman diawali dari dinding di kedalaman sekira 40 mtr. yang kaya gorgonia serta type biota atau tumbuhan laut yang lain. Lokasi ini dapat tenar karena pesona pasirnya yang putih bercahaya di pinggir garis pantainya.



Secret Bay yaitu titik penyelaman yang disebut surga untuk beberapa makro-fotografer, video-operator, serta pakar biologi kelautan. Tak ada terumbu karang di titik penyelaman dangkal ini (tak kian lebih 9 mtr.) ; kesibukan penyelamannya di kenal dengan nama muck diving. Terdapat di dekat pelabuhan Gilimanuk, lokasi penyelaman ini mempunyai basic laut berbentuk pasir vulkanis (berlumpur) berwarna abu-abu serta adalah habitat untuk biota laut yang langka serta endemik. Bahkan juga, beberapa waktu terakhir beberapa pakar kelautan temukan 4 type anglerfish yang baru pertama kali diketemukan, termasuk juga salah satunya yaitu Sargassum anglerfish, Spotfin anglerfish, serta terlebih Tono anglerfish yang dengan cara spesial menarik perhatian besar beberapa peneliti kelautan. Terkecuali ikan langka itu, lokasi ini yaitu rumah untuk banyak kuda laut dengan bermacam type, seperti dragonets, ghostpipefish, nudibranch, lionfish, udang laut, belut pita, serta lain sebagainya.

Tips

Pulau Menjangan bali, Melihat Surga Bawah Laut di Pulau Bali - Waktu paling baik berkunjung ke serta menjelajahi keindahan alam bawah laut Pulau Menjangan yaitu pada bln. April sampai November.
Mengingat Pulau Menjangan yaitu pulau tidak berpenghuni serta minim akomodasi jadi bawalah bekal makan serta minum yang cukup, obat-obatan, sunblock, serta keperluan yang lain.
Siapkan alat pendukung penyelaman yang bisa Anda sewa di resort paling dekat saat sebelum menuju Pulau Menjangan.

Transportasi

Pulau Menjangan bali, Melihat Surga Bawah Laut di Pulau Bali - Langkah paling utama untuk hingga ke Pulau Menjangan yaitu memakai perahu yang dikelola Taman Nasional Bali Barat. Perahu ini ada di pelabuhan kecil bernama Labuhan Lalang di Teluk Terima. Alternatif lain yaitu naik perahu dari dermaga kecil di Teluk Banyuwedang, bersebelahan dengan Mimpi Menjangan Resort.

Perjalanan perahu ke Pulau Menjangan memerlukan saat pada 30 hingga 40 menit, bergantung pada cuaca serta beban perahu. Dalam perjalanan menuju Pulau Menjangan, dari kejauhan terlihat panorama gunung api di Jawa Timur—Prapat Agung. Waktu Anda beraktivitas penyelaman, awak yang menggerakkan perahu bakal menanti Anda dirumah pohon di pohon-pohon bakau yang berniat mereka bikin juga sebagai tempat istirahat.

Untuk hingga ke Labuhan Lalang atau Banyuwedang, dari lokasi wisata Kuta, Sanur, Nusa Dua (berjarak sekira 140 km), diperlukan saat sekira 3 jam atau lebih dengan jalur lewat Denpasar. Dari Tulamben, perjalanan darat bisa ditempuh sekira 2, 5 jam berkendara melewati selama pantai utara Bali.

Penginapan

Pulau Menjangan bali, Melihat Surga Bawah Laut di Pulau Bali - Juga sebagai pulau tidak berpenghuni, Pulau Menjangan tak mempunyai akomodasi berbentuk penginapan, restoran, toko, serta yang lain. Keperluan akomodasi ada di pulau-pulau paling dekat di seputar lokasi Taman Nasional Bali Barat (TNBB) serta atau seputar Pemuteran. The Menjangan Resort bisa disebutkan juga sebagai tempat dengan akomodasi serta sarana terlengkap untuk wisatawan. Tempati tempat seluas 382 hektar, resort ini terbagi dalam beberapa kamar penginapan, villa, serta sarana pendukung yang lain.

1 komentar: