Jumat, 03 April 2015

Singaraja di Pulau Bali, Tempat yang Tepat Jika Anda Menginginkan Liburan yang Tenang


Tinjauan Lokasi

Singaraja di Pulau Bali, Tempat yang Tepat Jika Anda Menginginkan Liburan yang Tenang - Tak seperti Kuta, Seminyak maupun Legian. Singaraja jauh dari pusat kota serta hingar bingar pariwisata Pulau Bali. Oleh karena itu, inilah tempat yang pas untuk meraih situasi tentram. Wisatawan yang cuma sekian hari liburan di Bali akan tidak menjangkaunya, terkecuali bila mereka mau rasakan kecantikan Pantai Lovina di lokasi ini yang tawarkan keindahan nan memukau.

Singaraja adalah ibukota dari Kabupaten Buleleng, daerah utara Bali yang mempunyai topografi berbukit dan sebagian gunung berapi serta gunung mati. Disini juga ada danau serta pantai hingga Kabupaten Buleleng sediakan wisata alam yang komplit.

Belanda pernah mengambil keputusan Singaraja juga sebagai ibukota Kepulauan Sunda Kecil pada 1846, juga sempat jadikan pusat Kerajaan Buleleng pada era ke-17 serta ke-18 oleh Raja Buleleng yaitu I Gusti Ngurah Panji Sakti. Ia memikirkan untuk bikin istana di tempat yang strategis, lalu dipilihlah Kota Singaraja.

Nama Singaraja sendiri di ambil dari sebutan untuk istana itu. Dinamai Singaraja lantaran konon sang raja mempunyai keperwiraan seperti singa. Ada pula yang memiliki pendapat bahwa makna dari Singaraja yaitu persinggahan raja. Istana di bangun pada 30 Maret 1604 serta tanggal itu diabadikan juga sebagai hari lahir Kota Singaraja.

Pada awal mulanya, kota ini yaitu pintu masuk Bali serta pernah disinggahi oleh kapal-kapal China yang jejaknya masih tetap dapat dipandang pada bangunan-bangunan peninggalan bersejarah, satu diantaranya tempat beribadah Klenteng Ling Gwan Kiong yang di bangun pada 1837. Sesaat warisan arsitektur Belanda bisa dikilas balik dari bangunan yang saat ini jadikan kantor, sekolah, tempat tinggal serta gereja di Singaraja. Anda bisa menemuinya di sekitar lingkungan Sukasada, Liligundi, Jalan Ngurah Rai, Jalan Gajah Mada, Pelabuhan Buleleng, Jalan Surapati serta ada banyak lagi.

Singaraja adalah kota pusat pendidikan dengan dua kampus, juga kota kuliner yang tiap-tiap sudutnya menghidangkan warung-warung serta restoran dengan makanan khas yang lezat. Diluar itu, bersiaplah untuk menjumpai masyarakat Singaraja yang ramah.

Berkeliling

Singaraja di Pulau Bali, Tempat yang Tepat Jika Anda Menginginkan Liburan yang Tenang - Di Terminal Banyuasri ada angkutan umum, tetapi wisatawan direferensikan untuk menyewa mobil bila mau berpetualang ke destinasi-destinasi wisata di seputar Singaraja, tarifnya sekitar Rp250 ribu sampai Rp450 ribu. Terkecuali tambah nyaman, belum ada angkutan umum yang dapat menjangkau tiap-tiap tempat wisata.

Transportasi



Singaraja di Pulau Bali, Tempat yang Tepat Jika Anda Menginginkan Liburan yang Tenang - Jarak dari Denpasar ke Singaraja sekitar 79 km. serta dapat mengonsumsi saat 2, 5 sampai 3 jam. Walau relatif jauh, Anda akan tidak jemu diperjalanan lantaran melalui lembah, gunung, serta danau, juga lokasi Bedugul yang berkabut.

Selama perjalanan, dapat Anda perhatikan bahwa rumah-rumah masyarakat di Singaraja tidak sering yang dilengkapi dengan pura, atmosfer Bali disini memanglah tak sekental di Kuta maupun Seminyak. Ini karena kota itu banyak disinggahi pedagang serta menyerap budaya lain.

Telah banyak layanan travel yang menolong Anda mencapai Kota Singaraja, salah satunya Penjor Travel dengan rute Banyuwangi-Singaraja serta Xtrans dengan rute Kuta-Singaraja, biayanya sekira Rp80 ribu per orang. Bila pilih memakai taksi dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Anda dapat dikenakan tarif sampai Rp700 ribu.

Pilihan lain yaitu memakai bus terintegrasi kapan feri ke Terminal Banyuasri di Singaraja. Dari Gilimanuk tarifnya sekitar Rp30 ribu, ada pula yang tawarkan keberangkatan dari Surabaya dengan tarif Rp180 ribu, Yogyakarta Rp 250 ribu serta dari Jakarta Rp400 ribu.

Kuliner



Singaraja di Pulau Bali, Tempat yang Tepat Jika Anda Menginginkan Liburan yang Tenang - Lawar, ayam taliwang ataupun sate lilit mungkin saja telah kerap Anda nikmati. Namun bagaimanakah dengan syobak? Janganlah terlewat makanan bila bertandang ke Singaraja. Dampak China di Singaraja bukan sekedar datang memberi warna bangunan bersejarahnamun juga rahasia dapurnya. Syobak adalah kuliner dengan sentuhan Cina yang terbagi dalam nasi putih dengan lauk potongan daging babi, daging babi merah yang digoreng kering, jeroan serta kerupuk kulit. Anda dapat menyantapnya di Warung Syobak Khe Lok, letaknya di Jalan Surapati Singaraja.

Untuk wisatawan Muslim, jukut buangit adalah kuliner khas Singaraja yang dapat Anda cicip. Ini berbentuk sayuran yang dimasak dengan bumbu asam, Anda dapat menemuinya di selama Jalan Diponegoro.

Diluar itu ada juga tipat belayang, makanan mengenyangkan yang terbagi dalam kacang merah goreng, ayam sisit, krupuk ayam serta disiram dengan bumbu khas Singaraja. Dapatkan kuliner ini di Jalah Gajah Mada serta dipersimpangan Jalan Serma Kerma - Jalan Laksamana.

Berbelanja

Singaraja di Pulau Bali, Tempat yang Tepat Jika Anda Menginginkan Liburan yang Tenang - Orang-orang Desa Penglatan bikin jajanan khas Singaraja, dodol penglatan yang harus Anda bawa pulang. Pengemasannya sangatlah unik memakai paket kulit jagung yang higienis. Jajanan lain yaitu jaje gambir, panganan berupa kotak, dengan bungkus daun bambu yang masih tetap hijau, di sajikan dengan ditali memakai rafia serta digantung bergerombol. Kue jaje berwarna hitam, dengan isian kacang hijau yang manis.

Kegiatan

Singaraja di Pulau Bali, Tempat yang Tepat Jika Anda Menginginkan Liburan yang Tenang - Pantai Lovina jadi pesona paling utama dari Singaraja serta Kabupaten Buleleng, ada atraksi lihat lumba-lumba sembari nikmati Matahari terbit. Alam bawah lautnya juga menarik untuk diselami. Bila mempunyai banyak saat untuk berkunjung, coba untuk menjelajah Kota Singaraja serta berkunjung ke bangunan bersejarah. Klenteng Ling Gwan Kiong yang terdapat di Jalan Erlangga yaitu satu diantaranya. Akses ke kuil terbilang menarik lantaran Anda mesti melalui jembatan diatas kolam yang dipenuhi bunga teratai. Ada patung Buddha emas dimana-mana, juga tekstil dengan design China yang penuhi dekorasi klenteng.

Rasakan situasi histori yang kental di Pelabuhan Buleleng. Ini yaitu tempat yang apik untuk bersantai serta melihat pemandangan laut terlepas. Disana masih tetap tersimpan gudang-gudang tua yang pernah dipakai Belanda. Anda juga dapat menelusuri seputar pantai serta lihat desa-desa tradisional untuk berbaur berbarengan masyarakat setempat. Abadikan juga monumen Yuda Mandala Tama yang didirikan pada 1987 untuk memperingati perjuangan kemerdekaan melawan Belanda.

Akomodasi

Beragam hotel serta resor siap memanjakan Anda dengan nuansa tradisional Bali, di bawah ini sebagian salah satunya.

Bali au Naturel Beach Resort
Bondalem, Bali
Telephone : 0811-388-681

Spa Village Resort Tembok
Jalan Singaraja-Amlapura No. 100 Desa Tembok Tejakula, Tianyar, 81171
Telephone : 0327-198122

Alam Anda Ocean Front Resort & Spa
Sambirenteng, Singaraja
Telephone : 0812-465-6485

Kubu Aji Banjar Bed and Breakfast
Banjar Tegehe, Desa Banjar, Singaraja


Sembiran Private Guest House
Jalan Singaraja - Amlapura, Desa Sembiran Bawah, Kecamatan Tejakula

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar