Kamis, 02 April 2015

Taman Nasional Bali Barat, Habitat Asli Jalak Bali yang Nyaris Punah

Tinjauan Lokasi Taman Nasional Bali Barat, Habitat Asli Jalak Bali yang Nyaris Punah



Taman Nasional Bali Barat, Habitat Asli Jalak Bali yang Nyaris Punah - Keindahan tertambat di ujung barat Pulau Bali, rimbunnya rimba lebat, jernihnya air laut, indahnya hamparan pantai, sampai pegunungan menghijau yaitu pemandangan megah yang pantas Anda sambangi. Di sinilah rumah paling akhir untuk burung elok jalak bali, hanya satu species endemik Pulau Bali. Taman Nasional Bali Barat (TNBB) ada di ujung barat Pulau Bali, seputar 2 km dari Pelabuhan Gilimanuk. Tempatnya ada di 2 kabupaten, yakni Kabupaten Buleleng serta Kabupaten Jembrana, Propinsi Bali. Untuk hingga ke lokasi ini bisa diraih dengan kendaraan darat dari Denpasar sepanjang 3 jam.

Disini Anda bisa nikmati bermacam type flora serta fauna liar, termasuk juga yang berstatus langka, dilindungi ataupun yang keberadaannya masih tetap melimpah. Habitat di taman nasional ini letak geomorfologinya serta keindahan alamnya masih juga dalam situasi utuh terbangun. Oleh oleh karena itu, TNBB adalah habitat untuk beberapa hewan serta tumbuhan yang dilindungi. Taman Nasional Bali Barat (TNBB) yaitu lokasi pelestarian alam yang dikelola dengan system zonasi. Ekosistem didalam lokasi TNBB bisa disebut komplit serta unik lantaran adalah kombinasi dua ekosistem, yakni darat serta laut. Ekosistem darat mencakup ekosistem rimba mangrove, rimba pantai, rimba musim, rimba hujan dataran rendah, evergreen, savana, serta ekosistem river rain forest. Sedang jenis ekosistem laut mencakup ekosistem coral reef, padang lamun, pantai berpasir, perairan laut dangkal serta perairan laut dalam.

Taman Nasional Bali Barat adalah salah satu lokasi pelestarian alam dengan ekosistem asli serta adalah habitat paling akhir untuk burung jalak bali. Taman nasional ini mempunyai keanekaragaman hayati laut seperti terumbu karang serta biota laut, mempunyai vegetasi mangrove, rimba rawa payau, savana, dan rimba musim. Hal yang istimewa dari TNBB yaitu jadi rumah paling akhir untuk jalak bali (Leucopsar rothchildi). Hewan cantik ini berkumpul di Semenanjung Prapat Agung, tepatnya Teluk Brumbun serta Teluk Kelor. Burung ini adalah hanya satu spesies endemik Bali serta th. 1991 dinobatkan juga sebagai simbol fauna Propinsi Bali dan dilindungi keberadaannya oleh undang-undang. Tampilan burung ini sangatlah indah serta salah satu burung yang paling diminati penggemar burung hias. Penyebaran jalak bali cuma mencakup Desa Bubunan hingga ke Gilimanuk, yakni sekitar 320 km².

Dipandang dari histori berdirinya TNBB, burung jalak bali bisa disebutkan juga sebagai salah satu argumen paling utama dibuatnya taman nasional ini. Berawal pada 24 Maret 1911 waktu seseorang pakar biologi bernama Dr. Baron Stressman mendarat di seputar lokasi Singaraja lantaran kapal Ekspedisi Maluku II yang ditumpanginya alami rusaknya. Sepanjang 3 bln. tinggal di lokasi itu, Stressman temukan jalak bali di Desa Bubunan, sekira 50 km dari Singaraja serta mengkategorikannya juga sebagai spesies burung endemik yang langka serta tidak sama dengan type lain dari semua spesimen.

Fauna yang menghuni taman nasional ini ada 17 type mamalia serta 160 type burung (aves), ada juga beragam type reptil serta ikan. Beberapa jenis fauna yang dilindungi di TNBB diantaranya yaitu jalak bali (Leucopsar rothschildi), trenggiling, kesih (Manis javanicus), jelarang, kapan-kapan (Ratufa bicolor), landak (Hystric branchyura), menjangan (Cervus timorensis), banteng (Bos javanicus), pelanduk, kancil (Trangulus javanicus), biawak (Varanus salvator), penyu rider (Lepidochelys olivceae), serta lain sebagainya.

Flora yang sudah diidentifikasi di TNBB ada sekira 176 type mencakup pohon, semak, tumbuhan memanjat, menyebar, type herba, anggrek, paku-pakuan serta rerumputan. Beberapa jenis flora yang dilindungi di TNBB yaitu : bayur (Pterospermum diversifolium), buni (Antidesma buniu), bungur (Langerstroemia speciosa), burahol (Steleochocarpus burahol), cendana (Santalum album), kemiri (Aleuritas moluccana), kepah (Sterculia foetida), kesambi (Schleichera oleosa), kruing bunga (Diptercocaus hasseltii), mundu (Garcinia dulcis), pulai (Alstonia scolaris), sawo kecik (Manilkara kauki), Sono keling (Dalbergia latifolia), serta trengguli (Cassia fistula).



Taman Nasional Bali Barat mempunyai luas 19. 002, 89 ha. mencakup lokasi terestrial seluas 15. 587, 89 ha. serta lokasi perairan selaus 3. 415 ha. Kehadiran Taman Nasional Bali Barat sudah dikukuhkan berdasar pada SK Menteri Kehutanan No. 493/Kpts-II/1995 tanggal 15 September 1995. Taman Nasional Bali Barat mempunyai beragam jenis akomodasi serta sarana pendukung aktivitas wisata serta riset. Akomodasi yang disebut seperti pemandu wisata (guide), pondok jagalah, pondok wisata (untuk istirahat wisatawan), menara pandang, jalan setapak untuk mempermudah penjelajahan, penyewaan peralatan selam, speed boat, serta lain sebagainya.

Harga ticket untuk masuk lokasi Taman Nasional Bali Barat yaitu Rp 2. 500, 00 per orang (wisatawan domestik) serta Rp 20. 000, 00 (wisatawan asing). Di Taman Nasional Bali Barat ada 3 (Tiga) perusahaan yang telah memperoleh Izin Pengusahaan Pariwisata Alam (IPPA) yakni : PT. Shorea Barito Wisata, PT. Trimbawan Swastama Sejati (Penyediaan Resort dengan wisata alam juga sebagai atraksi wisata), serta PT. Disthi Kumala Bahari (Pengusahaan pariwisata alam dengan pengakaran mujtiara juga sebagai atraksi wisata).


Pusat Oleh-Oleh Khas Taman Nasional Bali Barat, Habitat Asli Jalak Bali yang Nyaris Punah

Waktu Anda ada di Jembrana jadi datanglah ke pusat oleh-oleh khas Jembrana di Jalan Sudirman yang disebut jalan poros Jawa-Bali. Pusat oleh-oleh ini berlokasi di lantai bawah dalam gedung Jembrana Tower, buka sehari-hari mulai jam 07. 00 hingga 21. 00. Disini ada beragam type product khas Jembrana seperti camilan berbentuk kue bendu, kue range, keripik nangka, keripik singkong, kacang srondeng, serta camilan yang lain. Anda dapat juga beli product industri serta kerajinan seperti kain songket khas Jembrana, ataupun handicraft yang lain.

Anda pantas membawa oleh-oleh kopi robusta buleleng lantaran mempunyai cita rasa sendiri serta tidak sama dengan rasa kopi yang lain. Kopi ini sudah dapat menembus pasar dunia. Dapatkan produksi kopinya robusta ini di tempat seluas 15 ribu hektar yang menyebar di Kecamatan Sukasada serta Busungbiu.


Menyelami Indahnya Laut Taman Nasional Bali Barat, Habitat Asli Jalak Bali yang Nyaris Punah

Terkecuali ekowisata, TNBB yang kawasannya juga mencakup perairan laut serta pulau-pulau di sekelilingnya dapat juga jadi maksud wisata setelah itu. Di Pulau Menjangan umpamanya, pulau ini populer juga sebagai tempat menyelam kelas internasional andalan di Bali. Taman bawah lautnya sungguh kaya warna dengan beragam terumbu karang serta biota laut yang hidup di dalamnya. Berkunjunglah ke Pulau Menjangan sekira 30 menit dari Labuhan Lalang. Disini ada juga beberapa pura dengan aktivitasnya yang menarik untuk diabadikan dalam kamera atau Anda sekalian saja melebur untuk bersosialisasi berbarengan orang-orangnya.

Tak jauh dari Pelabuhan Gilimanuk Anda bisa menyewa peralatan menyelam disana. Anda dapat juga menyewa perahu untuk berkeliling menyusuri rimba bakau di Taman Nasional Bali Barat. Siapkan kamera Anda lantaran mungkin saja bakal didapati bangau tongtong (Leptoptilos javanicus).


Kegiatan di Taman Nasional Bali Barat, Habitat Asli Jalak Bali yang Nyaris Punah


Taman Nasional Bali Barat adalah lokasi pelestarian alam dengan ekosistem asli serta dikelola dengan system zonasi. Terkecuali juga sebagai lokasi konservasi alam, kehadiran TNBB berguna juga juga sebagai lokasi riset, pengembangan ilmu dan pengetahuan, ruang budidaya, potensi pariwisata (ekowisata), serta rekreasi.

Jika Anda mau mencermati jalak bali jadi butuh datang ke Semenanjung Prapat Agung, tepatnya Teluk Brumbun serta Teluk Kelor. Anda bisa nikmati burung indah ini serta mengabadikannya dalam kamera. Jalak Bali mempunyai ciri spesial bulu yang putih di semua badannya terkecuali pada ujung ekor serta sayapnya yang berwarna hitam. Di bagian pipinya tak ditumbuhi bulu, berwarna biru cerah. Kakinya berwarna keabu-abuan.

Di Taman Nasional Bali Barat Anda bisa ajukan pertanyaan pada petugas untuk diarahkan ke beragam zonasi yang bakal mempermudah pilihan kesibukan Anda. System zonasi di taman nasional ini mencakup : Zona Inti seluas ± 8. 023, 22 Ha, Zona Rimba ± 6. 174, 756 Ha, Zona perlindungan Bahari ± 221, 741 Ha, Zona Pemakaian ± 4. 294, 43 Ha, Zona Budaya, Religi serta Histori seluas ± 50, 570 Ha, Zona Spesial ± 3, 967 Ha serta Zona Tradisional seluas ± 310, 943 Ha. Padang rumput di Krepyak serta Sumberejo yaitu lokasi di mana Anda bisa mencermati satwa liar seperti rusa (Cervus timorensis), kijang (Muntiacus muntjak), kancil (Tragulus javanicus), serta banteng (Bos javanicus).

Untuk aktivitas wisata baharinya, Anda bisa mengarahkan maksud ke Pulau Menjangan, Pulau Gadung, Pulau Burung, Pulau Kalong, Pos Satu, Pos Dua, serta Tanjung Gelap. Anda bisa lakukan snorkling, menyelam, atau sebatas berenang di pulau-pulau itu.

Terkecuali wisata alam, lokasi TNBB juga tawarkan wisata histori serta religi. Di Teluk Terima, ada Makam Jayaprana, yang kerap dikunjungi serta jadi tempat untuk upacara keagamaan umat Hindu. Di Cekik, ada suatu Monumen Operasi Lintas Laut Banyuwangi-Baliyang di bangun untuk kembali kenang histori perjuangan Angkatan Laut Republik Indonesia yang menyeberang dari Banyuwangi (Jawa) ke Bali manfaat menjaga kemerdekaan RI di th. 1946.


Tips Berlibur di Taman Nasional Bali Barat, Habitat Asli Jalak Bali yang Nyaris Punah

Jika Anda datang dari arah Gilimanuk, Anda bisa mendatangi Kantor Balai Taman Nasional Bali Barat yang berlokasi di Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana untuk memperoleh izin masuk lokasi ini.

Kantor Balai Taman Nasional Bali Barat
Jalan Raya Cekik - Gilimanuk - Jembrana 82253
Telp. +62365 61060
Fax. +62365 61479
Situs : http :// www (dot) tnbalibarat (dot) com/

Bawalah bekal makanan serta minuman yang cukup waktu berkunjung ke lokasi TNBB, lotion anti nyamuk, sunblock, obat-obatan, serta kepentingan pribadi yang lain. Bawalah juga baju ubah mengingat terkecuali juga sebagai lokasi ekowisata, TNBB juga tawarkan wisata bahari seperti menyelami taman bawah laut seputar Pulau Menjangan. Penyewaan alat selam bisa Anda peroleh dengan gampang dengan menyewa di pulau-pulau paling dekat di Pulau Menjangan.

Untuk berkunjung ke Pulau Menjangan, salah satu lokasi TNBB yang tersohor lantaran alam bawah lautnya yang indah, baiknya Anda menuju Teluk Labuhan Lalang. Dari Labuhan Lalang, perjalanan dengan perahu menuju Pulau Menjangan serta pulau-pulau lain cuma sekira 30 menit. Anda dapat juga menyewa perahu yang dikelola oleh layanan service TNBB. Jika mau menyewa dive operator serta alat menyelam umumnya ada paket spesial yang meliputi makan siang, sewa perahu, peralatan menyelam, dan biaya transportasi.

Bagaimanapun cantiknya burung jalak bali, Anda tak diperbolehkan mengganggu terlebih menangkapnya untuk koleksi. Kita seluruhnya berkewajiban membuat perlindungan keberadaanya sesudah harimau bali (Panthera tigris balica) punah th. 1937 jadi itu janganlah terulang pada jalak bali.


Transportasi Menuju Taman Nasional Bali Barat, Habitat Asli Jalak Bali yang Nyaris Punah

Dari pusat kota di Denpasar butuh perjalanan darat seputar 3 jam. Dari Gilimanuk ke taman nasional ini sekira 2 km serta bisa diraih dengan angkutan umum maupun ojek. Dari Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, Jawa Timur Anda bisa menyebrang dengan kapal feri sepanjang 30 menit.


Kuliner di Sekitar Taman Nasional Bali Barat, Habitat Asli Jalak Bali yang Nyaris Punah

Kuliner khas Buleleng yang bisa Anda dapatkan yaitu belayag, kue laklak, kelepon, siobak, sudang lepet, serta yang lain. Tak gampang temukan bermacam type makanan tersebut di satu tempat terkecuali Anda ada di pusat kota serta menelusurinya. Anda bisa berkunjung ke Warung Makan Bu Wardi di Jalan Singaraja, Seririt, Pemaron, Singaraja, Buleleng, untuk mencicipi kelezatan makanan khas Buleleng.

Makanan khas yang butuh dicicipi yaitu tipat cantok yakni ketupat tersebut sayurannya yang berbumbu kacang, serupa lotek atau gado-gado. Porsinya tidaklah terlampau banyak yakni berbentuk potongan kecil ketupat berbaur dengan irisan tahu, tauge serta kacang panjang diselimuti bumbu kacang. Bumbu ini diuleg tidak terlampau halus hingga bakal merasa gurih, pedas, serta manis berbaur berbarengan rasa bawang putih yang kuat serta taburan bawang merah goreng yang melengkapi kesedapannya. Kuliner khas Jembrana lain yaitu ayam betutu gilimanuk yang lezat di Pusat Ayam Betutu khas Jembrana. Tempat tempatnya memakai sisa Terminal Gilimanuk. Ayam betutu gilimanuk mempunyai rasa bumbunya yang cukup pedas meresapi kenyalnya daging ayam serta ini adalah ciri khas aroma rasa betutu gilimanuk.

Anda juga butuh coba rujak gula cuka buleleng yang lezat. Rujak ini memakai gula merah khas buleleng yang harum ditambah irisan tidak tebal pisang batu. Buahnya diserut tidak tebal melebar panjang, ada pepaya mengkal, bengkuang, mangga muda, nanas, serta timun. Bumbu rujaknya diaduk rata hingga sedikit berair. Anda bakal rasakan manis asam gula merah yang beradu dengan cabai yang pedas menggigit. Nah, untuk minumannya Anda bisa mencicipi sirop gulanya yang legit beraroma wangi.

Sebagian kudapan lain yang nikmat untuk dicicipi yaitu pisang rai yang terbuat dari adonan tepung beras, santan, serta pisang, serupa kue pisang. Ada pula kue lak-lak berbentuk serabi mini berwarna hijau, lupis mini berupa segitiga, lulut atau putu mayang, dan gendar ketan hitam yang diiris tidak tebal.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar