Jumat, 03 April 2015

Toya Bungkah Kintamani di Pulau Bali, Tempat Berendam Air Panas di Lereng Gunung Batur


Tinjauan Lokasi Toya Bungkah Kintamani di Pulau Bali, Tempat Berendam Air Panas di Lereng Gunung Batur





Mau nikmati sensasi mandi air panas dengan pemandangan panorama alam pegunungan seputar yang memesona? Toya Bungkah yaitu tempat yang pas. Terdapat di kaki Gunung Batur atau ada di samping Barat Danau Batur, Toya Bungkah mempunyai pesona sendiri juga sebagai lokasi pemandian air panas sekalian lokasi wisata alam di Bali. Dengan cara administratif Toya Bungkah ada di Desa Pakraman Batur, Kintamani, Propinsi Bali.

Nama Toya Bungkah dengan cara harfiah datang dari kata toyo berarti air serta bungkah bermakna batu-batuan. Jadi, Toya Bungkah berarti air dari Gunung Batur yang mengalir dari celah-celah bebatuan. Wisata andalan di Toya Bungkah yaitu memanglah kehadiran sumber air panas alami yang terkecuali baik untuk relasasi otot, juga diakui mempunyai kandungan sulfur yang bermanfaat mengobati penyakit kulit.

Kolam air panas di Toya Bungkah ada dua, yakni yang pertama diatur sesuai sama situasi alam sekitarnya serta jadi sejenis pemandian umum warga seputar. Ke-2, yaitu kolam air panas alam yang diatur dengan dibangunnya tembok atau pembatas serta umumnya jadi tempat yang diambil wisatawan. Berendam di kolam air panas sangatlah baik untuk merelaksasi otot serta badan.

Letak pemandian air panas yang berdekatan dengan Danau Batur ini memberi bonus panorama yang memesona. Terkecuali berendam air panas yang konon kandungan sulfurnya bisa bermanfaat mengobati penyakit, terdapat beberapa aktivitas mengasyikkan yang lain yang bisa Anda dapatkan disana. Aktivitas tersebut di antaranya yaitu rekreasi nikmati keindahan alam seputar, berkemah, serta mendaki Gunung Batur waktu Matahari terbit pada pagi hari.

Dari th. ke th., kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke lokasi ini semakin bertambah. Toya Bungkah memanglah telah dikelola juga sebagai lokasi destinasi wisata di lokasi Gunung Batur serta sekitarnya. Potensi wisata di lokasi berudara sejuk ini dapat makin menggeliat dengan di dukung berdirinya sebagian hotel serta akomodasi yang memberi kenyamanan untuk wisatawan. Suatu hotel bahkan juga sediakan kolam renang air panas spesial yang bersumber dari Toya Bungkah serta sediakan lokasi kemping dengan beragam sarana pendukung kemping, termasuk juga api unggun.

Kuliner di Toya Bungkah Kintamani di Pulau Bali, Tempat Berendam Air Panas di Lereng Gunung Batur

Warung serta restoran dengan panorama Danau Batur serta hijaunya lokasi di kaki Gunung Batur banyak menyuguhkan kuliner yang bisa Anda tentukan sesuai sama selera. Umumnya menu popular di lokasi ini yaitu ikan bakar yang datang dari Danau Batur terkecuali tentu ada bermacam makanan yang lain.

Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan di Toya Bungkah Kintamani di Pulau Bali, Tempat Berendam Air Panas di Lereng Gunung Batur




Toya Bungkah merupakan salah satu tempat yang paling menarik untuk dikunjungi di lokasi Gunung Batur serta sekitarnya. Berjarak sekira 78 km dari Denpasar atau sekira 2 jam perjalanan berkendara, pemandangan menuju Toya Bungkah telah bakal memanjakan mata. Panorama Gunung Batur, Danau Batur, atau tumpukan lahar yang mengeras tersebut pohon-pohon serta kebun-kebun sayur yang terhampar di selama jalan menuju Toya Bungkah yaitu suguhan alam yang permai. Sesudah capek meniti perjalanan, sumber mata air panas alam bakal menyongsong serta memanjakan Anda. Kenyamanan berendam di kolam sumber panas saja telah bakal bikin Anda relaks serta kerasan di Toya Bungkah. Kenyamanan itu juga ditambah dengan panorama alam yang indah serta udara pegunungan yang sejuk.

Mengingat lokasi ini merupakan juga lokasi berkunjung saat sebelum mendaki Gunung Batur serta sekalian salah satu destinasi wisata andalan di Bali, ada banyak akomodasi untuk kebutuhan wisatawan. Resort serta spa, hotel, bumi perkemahan, restoran, warung-warung penjual makanan serta minuman, kolam renang, café, serta ruang parkir yang luas ada disana. Esok paginya janganlah terlewat peristiwa melihat Matahari terbit dari puncak Gunung Batur. Panorama Danau Batur serta alam seputar terlihat atas dipadukan keindahan Matahari terbit dari balik Gunung Abang serta Gunung Rinjani di Lombok yaitu panorama indah yang penuh kesan. Diperlukan saat mendaki sekira 2 jam dari Toya Bungkah menuju puncak Gunung Batur, jadi perjalanan mendaki bakal diawali seputar awal hari. Ada banyak panorama yang bakal mengantarkan Anda ke puncak Gunung Batur.

Sembari melihat matahari terbit, Anda bisa mempersiapkan serta nikmati sarapan berbentuk telur yang di rebus di air panas. Sesudahnya, dalam perjalanan kembali ke Toya Bungkah, Anda dapatlah berkunjung di suatu gua serta sumber mata air panas yang letaknya dekat dengan kawah Gunung Batur. Di Toya Bungkah ada suatu balai seni, yakni Balai Seni Toya Bungkah yang didirikan oleh Sutan Takdir Alisjahbana mulai sejak th. 1971. Alisjahbana yaitu seseorang novelis, filsuf, serta pelukis yang juga di kenal juga sebagai Ayah Bhs Indonesia mengingat jasanya turut meningkatkan serta memastikan tehnis ejaan baku Bhs Indonesia. Balai seni ini mempunyai sanggar tari, ruangan atau galeri, bungalow, taman yang indah, serta amphitheater. Di balai seni ini, terkadang diselenggarakan pertunjukkan seni seperti pentas tari atau wayang kulit yang sudah pasti bisa Anda saksikan.

Toya Bungkah juga berdekatan dengan Desa Kedisan, yakni sekitar 6 km.. Dari Kedisan, Anda bisa menyeberangi Danau Batur memakai perahu yang disewakan ke suatu desa Bali Aga tersohor, yakni Desa Trunyan. Desa ini populer lantaran mempunyai langkah yang tidak sama dalam mengubur mayat kerabat yang sudah wafat dunia. Tidak sama dengan umumnya orang Bali yang lakukan kremasi atau ngaben, orang-orang Desa Trunyan menaruh mayat di suatu batu besar yang mempunyai cekungan 7 buah. Lalu, jenazah itu cuma dipagari anyaman bambu atau daun seperlunya. Walau tak dikubur, mayat-mayat yang ditempatkan demikian saja itu sekalipun tak keluarkan bau. Konon ini karena terdapatnya suatu pohon yang bernama Taru Menyan, sejenis pohon yang keluarkan wangi yang bisa menetralkan bau mayat yang membusuk.

Tips Liburan ke Toya Bungkah Kintamani di Pulau Bali, Tempat Berendam Air Panas di Lereng Gunung Batur



  1. Bawalah baju ubah lantaran Anda pasti tidak mau melupakan aktivitas berendam di pemandian air panas dengan latar panorama alam yang indah.
  2. Pakailah baju serta sepatu trekking yang nyaman, jika Anda bakal juga mendaki Gunung Batur.
  3. Kendaraan umum (bemo) menuju Toya Bungkah bakal mulai sepi mulai jam 13. 00 siang. Jadi, cermati jadwalnya.


Toya Bungkah Kintamani terdapat tidak jauh dari sebagian lokasi wisata yang pantas juga disambangi, seperti Desa Penelokan, Desa Kedisan, Desa Trunyan, Pura Ulundanu Batur, Pura Jati, Kintamani, Ubud, serta lain sebagainya.

Transportasi Menuju Toya Bungkah Kintamani di Pulau Bali, Tempat Berendam Air Panas di Lereng Gunung Batur

Terdapat sekitar 78 km. dari Denpasar, Toya Bungkah bisa diraih dengan berkendara menuju Kintamani sekira 2 jam. Anda bisa menyewa mobil atau pilih naik bemo untuk hingga di Toya Bungkah. Setelah tiba di Penelokan, ada jalan turun yang bisa dilewati untuk hingga ke Danau Batur. Setibanya di pertigaan, ambil jalan ke kiri melalui jalan yang dikelilingi batu lava letusan Gunung Batur yang mengeras sampai hingga di Toya Bungkah. Dari Kedisan, Toya Bungkah bisa ditempuh dengan naik perahu menyebrangi Danau Batur sekira 30 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar